StzVFfONkVNub08QOzjWYWjFBVFoGv8oxXyAe1jn
Bookmark

Bawaslu Pesawaran Ajak Dua Paslon Ciptakan Pemilu Damai

Berita-lampung.net- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesawaran menggelar deklarasi damai serta penandatanganan fakta integritas dan prasasti damai, yang diikuti dua paslon yang telah ditetapkan KPU setempat, di Museum Transmigrasi Lampung, Desa Bagelen, Kecamatan Gedongtataan.

Hal itu dilakukan guna menciptakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 Kabupaten Pesawaran aman, damai dan sejuk.

Ketua Bawaslu Kabupaten Pesawaran Ryan Arnando, mengatakan kegiatan ini sebagai penegasan kepada masing-masing calon agar menciptakan suasana Pilkada yang aman, damai dan sejuk.

Pada kegiatan ini juga, Bawaslu mengingatkan agar para calon dapat mengikuti segala aturan terkait dengan protokol kesehatan, mengingat pelaksanaan Pilkada tahun ini dilangsungkan di tengah pandemi Covid-19.

“Dengan adanya komitmen bersama masing-masing calon pada penerapan protokol kesehatan pada setiap kegiatan yang dilakukan, saya rasa itu mampu untuk mencegah adanya klaster baru dari Pemilu,” jelasnya, Jum’at (25/9).

Sementara itu, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Thamrin, menyampaikan apresiasinya kepada Kabupaten Pesawaran, karena Pesawaran salah satu kabupaten yang terbebas dari sanksi arak-arakan pada pelaksanaan pendaftaran sampai dengan penetapan bahkan pengundian nomor urut yang telah dilakukan beberapa waktu lalu.

“Dengan terbebasnya Kabupaten Pesawaran dari sanksi arak-arakan, ini menunjukan kalau masing-masing dari paslon telah memahami dan mematuhi segala peraturan yang ada terkait pandemi covid-19, dan saya berharap, hal itu dapat terus dilakukan sampai dengan tahapan Pilkada selesai,” ungkapnya.

Sedangkan Kapolres Pesawaran AKBP Vero Aria Radmantyo, mengatakan, sesuai dengan instruksi presiden, penerapan prokes harus dijalankan agar tidak adanya klaster baru dari Pilkada.

“Maka dari itu, nantinya di setiap desa ada rumah isolasi untuk melakukan upaya pemeriksaan masyarakat yang terindikasi Covid-19,” tegasnya.

Pada kesempatan ini juga, dirinya meminta semua pihak baik penyelanggara dan peserta Pilkada untuk bisa menjaga kondusifitas mendukung deklarasi Pilkada damai dan aman untuk berkomitmen menciptakan Pilkada damai, aman dan sehat.

“Tak mungkin penyelenggara, pengawas dan TNI-Polri, dapat melakukannya sendiri, tanpa ada dukungan dari seluruh elemen masyarakat, maka dari itu saya meminta agar kita jaga bersama Pilkada di Bumi Andan Jejama,” pungkasnya

Posting Komentar

Posting Komentar