StzVFfONkVNub08QOzjWYWjFBVFoGv8oxXyAe1jn
Bookmark

Perkuat Ketahanan Pangan, Kades di Pesawaran Diminta Manfaatkan Lahan Kosong


BeritaDelapan.id - Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona, meminta kepada seluruh kepala desa (kades) yang ada di Bumi Andan Jejama agar memanfaatkan lahan kosong di desanya masing-masing untuk ditanami komoditi pangan untuk mengurangi dampak inflasi.

Hal ini disampaikan bupati saat menyerahkan bantuan sosial bahan pangan dampak inflasi kenaikan harga BBM bagi masyarakat di Kecamatan Way Lima, Senin, 05 Desember 2022.

"Saya minta kepada para kades, agar memberikan contoh terlebih dahulu kepada masyarakat terkait penggunaan lahan kosong di desanya. Contoh ketika ada lahan kosong bisa ditanami cabai ataupun sayur mayur lainnya dalam polybag atau kantong plastik," ujarnya.

"Kita ketahui, di tahun yang akan datang negara kita ini diprediksikan mengalami inflasi, nah dengan adanya pemanfaatan lahan kosong ini untuk menanam kebutuhan pangan, ke depannya terkait ketahanan pangan lokal dapat kita kendalikan," ujar dia.

Dia mengatakan, apabila program ini telah berjalan pihak pemda akan membantu pihak desa untuk menyiapkan segala kebutuhan yang diperlukan, mulai dari bibit dan polybag.

"Maka dari itu, saya minta desa segera bentuk dan catat semua kebutuhan yang diperlukan, laporkan ke saya nanti kami akan membantu apa saja yang menjadi kebutuhannya, sehingga program ini dapat berjalan di semua desa," kata dia.

Dirinya berharap, memperkuat ketahanan pangan lokal, dapat peningkatan ketahanan pangan tersebut sesuai dengan instruksi Presiden untuk menahan laju inflasi yang saat ini menjadi perhatian dunia.

"Saya sudah instruksikan ke dinas pertanian untuk menyediakan bibit cabai dan tomat serta polybag khusus diberikan untuk desa, agar ke depannya warga dapat memanfaatkan pekarangan atau teras rumah," kata dia.

Posting Komentar

Posting Komentar