StzVFfONkVNub08QOzjWYWjFBVFoGv8oxXyAe1jn
Bookmark

Bupati Pesawaran Mendapat Anugerah Kebudayaan dari PWI Pusat, membawa Sulam Jelujur Go Internasional

BeritaDelapan.ID, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) menganugerahi Bupati Pesawaran, Provinsi Lampung, Dendi Ramadhona dengan Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2023 berkat keberhasilannya membawa produk kerajinan sulam jelujur dari Lampung ke panggung pameran New York Indonesia Fashion Week NYIFW, Amerika Serikat.

“Penuh Cinta, Syarat Makna, dan Teguh dalam Menghadapi berbagai Kondisi dan Keadaan,”

Tema Sang Dewi dinilai menjadi sebuah dedikasi terhadap para perajin Sulam Jelujur yang ada di Desa Sungai Langka, Kecamatan Gedong Tataan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Menurut Dendi, Sang Dewi diartikan sebagai perempuan yang tangguh dalam menghadapi sebuah kondisi yang penuh dinamika.

Dendi terpilih menjadi penerima anugerah tersebut selepas mempresentasikan capaiannya di hadapan tim juri di Kantor PWI Pusat, Jakarta, demikian menurut keterangan pers yang diterima.

Desainer Ariesmansyah dipercaya oleh Pemerintah Kabupaten Pesawaran memamerkan 12 desain sulam jelujurnya dalam pameran di New York tersebut.


Ariesmansyah turut mendampingi Dendi saat menyampaikan presentasi untuk Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2023 sembari memamerkan sejumlah kain wastra sulam jelujur di depan tim juri.

Seusai dari New York, sulam jelujur turut dipamerkan dalam Ocean City Gift Expo di Washington DC serta tampil di panggung Dubai Fashion Week, melanjutkan perjalanan tampil di dunia internasional sejak 2018.

"Tahun 2018 ada kerja sama dengan Belanda berkaitan dengan sulam jelujur. Motif sulam jelujur dipajang di Bandara Internasional, MuseumTekstil, dan Stasiun Metro," katanya.

Sulam Jelujur juga dibawa KBRI Pretoria tampil dalam pameran dan ajang fashion di Afrika Selatan pada 2019, lantas pada 2021 wastra tersebut ambil bagian dalam sejumlah kegiatan seperti Lampung Craft, Ina Craft, dan Bali TTI Expo.

Dendi mengungkapkan bahwa sulam jelujur sebetulnya bukan tradisi asli Pesawaran maupun Lampung, mengingat tapis adalah wastra khas setempat. Ia bahkan mengakui menemukan sulam jelujur secara kebetulan pada 2017.

Sulam Jelujur kini menjadi suatu keistimewaan di masyarakat Pesawaran atas kecantikan dari desain Sang Dewi Sulam Jelujur. Bahkan dalam Anugerah Kebudayaan PWI Pusat Tahun 2023 di Jakarta, Dendi mengatakan, rasa bangga bertambah, kala terpilih menjadi penerima Anugerah tersebut. (NR)


Posting Komentar

Posting Komentar