StzVFfONkVNub08QOzjWYWjFBVFoGv8oxXyAe1jn
Bookmark

Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi Menghadiri Acara Komunikasi, Informasi Dan Edukasi Pengendalian PMK Di Desa Margorejo Kecamatan Tegineneng, Kabupaten Pesawaran


BeritaDelapan.ID
- Pesawaran, Pelaksanaan KIE PMK di Pesawaran, Nanda Indira: Semoga Peternak Lebih Sejahtera

Pesawaran - Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran berharap dengan dilaksanakannya Komunikasi, Informasi Dan Edukasi Pengendalian Penyakit Mulut dan Kuku (KIE PMK), para petani semakin mengetahui cara pencegahan dan pengobatan PMK pada hewan ternak sehingga penularan PMK dapat dicegah dan dikendalikan sedini mungkin.

Hal itu disampaikan Ketua TP PKK Kabupaten Pesawaran Nanda Indira Dendi saat menghadiri acara Komunikasi, Informasi Dan Edukasi Pengendalian PMK di Desa Margorejo Kecamatan Tegineneng, Pesawaran, Lampung, Selasa (24/10/23).

Nanda mengatakan para petani selain tahu cara pencegahan dan pengobatan PMK, tentunya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan untuk budidaya ternak, sehingga bisa meningkatkan produksi, pendapatan dan kesejahteraan petani secara optimal.

Berdasarkan hasil validasi data peternakan Provinsi Lampung Tahun 2022, tercatat produksi ternak sapi potong sebanyak 22.500 ekor, kerbau 972 ekor, kambing potong 55.186 ekor, domba 5.839 ekor, ayam buras 215.797 ekor, ayam ras pedaging 3.110.537 ekor, dan ayam ras petelur 456.802 ekor. 

Dari data tersebut, masih dijumpai berbagai permasalahan. Istri Bupati Pesawaran itu menyebut permasalahan utama yang dihadapi oleh petani peternakan saat ini adalah penyakit hewan menular spesifik seperti Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada sapi, kerbau dan kambing. 

“Pada Tahun 2022, ternak Sapi di Kabupaten Pesawaran yang mulai terkena PMK terlaporkan dalam aplikasi e-isikhnas sebanyak 41 ekor,” ucap Nanda. 


Nanda yang juga Penasehat Kelompok Tani Wanita (KWT) Kabupaten Pesawaran juga mengatakan berbagai upaya pencegahan penularan dan pengendalian Penyakit PMK telah dilakukan dan disosialisasikan secara intensif dengan cara memberikan edukasi pengetahuan cara pencegahan, biosekuriti, dan vaksinasi PMK oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah kepada masyarakat peternak khususnya di Kabupaten Pesawaran.

Lebih lanjut , Nanda mengucapkan terima kasih yang sebesarnya kepada Gubernur Lampung melalui Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung yang telah memfasilitasi berbagai bantuan prasarana peralatan kesehatan hewan, obat-obatan dan vaksinasi PMK, khususnya pada acara kegiatan KIE Pengendalian PMK Tahun 2023 ini. 

"Tidak lupa juga kami ucapkan terima kasih yang setingi-tingginya kepada Ibu Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ibu Ir. Lili Mawarti, M.Si. atas pembinaan dalam program kegiatan sikomandan, sehingga Kabupaten Pesawaran termasuk salah satu dari lima besar daerah kabupaten penghasil ternak sapi di Provinsi Lampung,” imbuh Nanda indira Dendi. 

Pada Kegiatan Komunikasi, Informasi Dan Edukasi Pengendalian PMK itu, diserahkan juga secara simbolis keanggotaan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Subsektor Peternakan Kabupaten Pesawaran tahun 2023. 

Hadir pula dalam kegiatan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung di wakili Kepala Bidang Keswan Drh. Anwar Bahri, para pejabat struktural di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pesawaran, Camat Tegineneng , Kepala Desa Margorejo, para petani dan peternak di Kecamatan Tegineneng. (Diskominfotiksan) (B8-FAZ)

Posting Komentar

Posting Komentar