StzVFfONkVNub08QOzjWYWjFBVFoGv8oxXyAe1jn
Bookmark

Sesditjen PHPT Kementerian Agraria ATR/BPN Buka Munas III Asprumnas


Bekasi, beritadelapan.id - Sesditjen (Sekretariat Direktorat Jenderal) PHPT (Penetapan Hak dan Pendaftaran Tanah), Kementerian Agraria ATR/BPN Supardy Marbun bersama Kementerian PUPR beserta Ketua Umum Asprumnas M. Syawali membuka secara resmi Munas Ke III Asosiasi Pengembang Dan Pemasaran Rumah Nasional ( Asprumnas ) di Harris Convention Hall Sumarecon Kota Bekasi, Selasa - Rabu (19 - 20/12/2023). 

Dalam sambutanya Sesditjen PHPT mengatakan sejak tahun 2017 hingga 2024 nanti kementerian ATR/BPN akan melakukan pendaftaran tanah sistimatis lengkap (PTSL) sebanyak 126 juta bidang tanah yang merupakan suatu program nasional. Program ini meliputi berbagai aspek, bukan hanya tanah masyarakat saja akan tetapi meliputi tanah tanah instansi pemerintah, tanah berbadan hukum milik negara, milik swasta, tanah adat, dan tanah ulayat. Diharapkan ditahun 2024 nanti sebagian besar tanah di seluruh Indonesia sudah bersertifikat.

"Hal ini bertujuan untuk memberikan kepastian hukum kepada pemilik tanah, untuk itu kami mengharapkan dari teman teman Asprumnas perumahan agar bisa melakukan sesuatu untuk kita dalam berbagi hal menyangkut pertanahan, sehingga tidak ada lagi blank spot data kedepanya. kita juga sudah MOU dengan REI dan lain lainya," kata Supardy Marbun.

"Kemudian kementerian ATR/BPN telah melaunching dan menerbitkan sertifikat tanah electronik, sebagaimana yang telah di canangkan oleh presiden di istana negara beberapa waktu yang lalu, sehingga dengan sertifikat tanah electronik ini nantinya akan lebih cepat dalam penyertifikatan tanah dan menghindari para mafia tanah," imbuh Supardy. 

Sementara itu ketua umum Asprumnas M. Syawali P, SE, MM menceritakan perjalanan Asprumnas yang hari ini melaksanakan Munas ke III nya, dimana Asprumnas banyak memiliki kemajuan saat ini, diantaranya Asprumnas masuk dalam 10 besar di urutan ke 6 dalam Tapera. Harapanya di Munas ke III ini kedepanya Asprumnas sangat berharap agar pemerintah lebih memperhatikan Asprumnas di dalam segala hal khususnya dalam kebijakanya untuk kemajuan Asprumnas. 

Munas yang mengambil tema "Memperkuat peran Asprumnas dalam menghadapi tantangan ke depan demi mewujudkan dan meningkatkan pembangunan rumah layak huni untuk MBR" ini, dibuka pada pukul 09.00 WIB, diisi berbagai acara di antaranya, Ngopi Bareng Semen Merah Putih, Talk Show, Gala Dinner, dan Diskusi bersama BPJS Ketenaga Kerjaan.

Dalam munas ke III nya ini, Ketua Umum Asprumnas M.Syawali terpilih kembali untuk memimpin Asprumnas periode 2023 - 2028. (BD/C45)
Posting Komentar

Posting Komentar